Sunday, December 8, 2013

Wacana Pembangunan Giant Sea Wall Membutuhkan Anggaran Rp 5 Triliun

InfoBeritaDunia-Wacana pembangunan giant sea wall yang digagas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, membutuhkan anggaran yang tak sedikit. Untuk menyelesaikan proyek itu, diperlukan anggaran minimal Rp 5 triliun rupiah, dan dilakukan secara multiyears.
Namun menurut politisi PDI Perjuangan itu, anggaran Rp 5 tiliun merupakan dana yang sedikit, jika digunakan untuk menyelesaikan masalah rob dan banjir yang telah menaun. ”Kalau anggarannya sebesar Rp 5 triliun menurut saya kecil, untuk menyelesaikan persoalan rob secara lebih serius. Jadi tidak perlu pakai pompa-pompaan seperti itu,” kata Ganjar, baru-baru ini.
Menurut dia, penggunaan pompa penyedot air tak begitu efektif, sehingga dibutuhkan solusi yang lebih tepat, yakni membangun talut raksasa tersebut. Menurut dia, anggaran yang dibutuhkan memang banyak, namun sudah banyak pihak swasta yang juga berminat untuk ikut membantu pembangunan.
Pihak swasta tersebut ada yang berasal dari luar negeri di antaranya Cina, dan dari dalam negeri. ”Sudah saya hitung, kira-kira membutuhkan anggaran Rp 5 triliun. Akan saya sampaikan ke pusat, biar mereka juga mendukung rencana ini,” ujarnya.
Menurut dia, jika negara sanggup untuk menanggung seluruh kebutuhan anggaran untuk proyek itu jauh lebih bagus. Namun menurut dia, jika tidak bisa dilakukan dengan penganggaran multiyears atau dengan sistem patungan.
”Kalau negara sanggup, ya sudah semuanya dari anggaran negara. Kalau tidak bisa, nanti kita bisa share pendanaan, pemerintah kota berapa, pemerintah provinsi berapa, dan negara berapa,” katanya.
Menurut perhitungannya, paling lama proyek tersebut mampu diselesaikan dalam kurun waktu tiga tahun. Dengan pembangunan itu, ia menyakini permasalahan rob dan banjir yang selama ini merongrong Kota Semarang.

0 comments:

Post a Comment