Tuesday, December 3, 2013

Akademisi Universitas Sains Malaysia : Pesantren Merupakan Konsep Pendidikan Terbaik

InfoBeritaDunia-Dalam postingan sebelumnya dari Hatta Rajasa, Postingan kali ini masih tetap menyangkut pesantren namun dari sumber yang berbeda. Adalah Akademisi Universitas Sains Malaysia Dr Abdul Halim Bin Ismail Ibnu Syaid Dinaa Albar mengatakan pesantren merupakan konsep pendidikan terbaik.
Saya sudah 15 tahun di Indonesia dalam mengkaji studi Islam konsep pendidikan. Dan menurut saya pesantren dapat dijadikan model untuk meningkatkan kualitas pendidikan," katanya pada kegiatan International Conference on Islamic Studies and Contemporary di Bengkulu.
Dia menjelaskan, pesantren merupakan tempat belajar total tanpa gangguan dari keadaan dan kondisi lingkungan daerah setempat. Selain itu tanpa gangguan kebiasaan buruk masyarakat.
Murid yang dididik dalam pesantren tidak ada gangguan dari orang luar, karena orang luar bisa saja membawa sesuatu yang buruk terhadap murid," katanya.
Menurutnya, format pendidikan sekolah umum sudah kabur sehingga murid tidak lagi hormat terhadap guru, suka protes guru, surau dan masjid sudah kosong. Pendidikan yang tidak berbasis pesantren pada umumnya banyak mengakibatkan rusaknya moral anak bangsa, karena kurang pengawasan.
Poin penting dari konsep pendidikan pesantren menurut Abdul yakni pengelolaan keuangan yang cukup baik, sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar. ”Universitas saat ini lebih mementingkan proyek, sedangkan pesantren hanya mengelola uang wakaf untuk menjalankan sistem pendidikan," tuturnya
Pesantren menurut Abdul, juga memiliki pengelolaan struktur organisasi yang baik sehingga menciptakan suasana lingkungan belajar mengajar yang kondusif. ”Hal-hal seperti ini sebaiknya mulai dipikirkan perguruan tinggi agama, khususnya IAIN Bengkulu," katanya.

0 comments:

Post a Comment