Saturday, December 14, 2013

Nasi Jamblang, Nasi Sedap Jaman Rodi

Nasi Jamblang, Nasi Sedap Jaman Rodi
InfoBeritaDunia-Kerja Rodi? Pasti yang terbayangkan ialah betapa kejamnya masa penjajahan Belanda dulu. Tapi, bukan itu yang hendak disajikan di warung ini, namun kenangan kuliner pada masa itu. Inilah nasi jamblang, khas Cirebon, Jawa Barat.
Konon, nasi jamblang ini memiliki keunikan. Nasi ini sengaja dibungkus dengan daun jati dengan alasan lebih tahan lama dibanding dibungkus dengan daun lainnya. Bungkus daun jati inilah yang membuat nasi jamblang terasa khas dan beraroma sedap.
Nah, bila anda berada di Cirebon, coba kunjungi warung yang satu ini. Namanya Nasi Jambang Mang Dul.
Anda akan disuguhi pelbagai lauk yang menggoda iman. Sebut saja, tahu, mendoan, paru, telur, hingga sate puyuh. Ah, pokoknya anda dibuat bingung memilihnya.
Untuk menyicipi nasi jamblang ini, anda cukup mengeluarkan kocek Rp18 ribu–Rp 20 ribu dengan menu lengkap.
                Kudapan berupa nasi putih dengan bermacam lauk, antara lain tahu, tempe goreng, ikan asin, telur dadar, sate kentang, sambal goreng, ayam, aneka ikan laut, daging, dan  perkedel kentang, serta sayuran.
Sedangkan nama nasi jamblang berasal dari sebuah daerah yang berada di sebelah barat Kota Cirebon. Makanan yang diperuntukan para pekerja rodi yang sedang membangun jalan dari Anyer hingga Panarukan.
Nasi Jamblang Nasi Sedap Jaman Rodi




Nasi Jamblang Mang Dul
Jl. Dr Cipto Mangunkusumo Nomor: 4 Cirebon
Tel. (0231)-206564
Teks & Foto : Diah K. Wijayanti. GoHitzz.com,

0 comments:

Post a Comment