Sunday, December 8, 2013

Android Jelly Bean Kalahkan Android Gingerbread

InfoBeritaDunia-Penggunaan sistem operasi Android Jelly Bean terus meningkat dan terpasang hampir di separo perangkat Android yang ada. Sementara untuk versi sebelumnya, Gingerbread, merambat turun.
Jelly Bean sekarang digunakan oleh 40,5 persen perangkat Android aktif.  Menurut CNET mengutip data di dashboard laman pengembang Android Google menunjukkan jumlah itu naik dari bulan sebelumnya, Juni, yang sebesar 37,9 persen.
Gingerbread, yang dikenalkan pada Desember 2010, mengambil bagian 33,1 persen, turun dari 34,1 persen pada Juni.
Namun, persentase itu belum merepresentasikan seluruh perangkat Android, khususnya di China. Karena versi lama Android itu begitu populer. Hal itu diperoleh dari pelacakan perangkat yang terakhir mengunjungi Google Play Store.
Baru-baru ini Google juga meluncurkan Moto X. Ponsel buatan Motorola itu menjalankan sistem operasi Android teranyar versi 4.2.2.
Di sisi lain, sistem operasi Android dari Google masih menguasai pasar ponsel cerdas di Amerika Serikat. Android mampu merengkuh pangsa 51,5 persen dari semua penjualan pada triwulan II tahun ini.
Dilaporkan perusahaan riset Kantar Worldpanel, meski masih menguasai pasar, sistem operasi berlogo robot hijau itu mulai menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu 52,6 persen. Kondisi itu membuat jarak antara Android dengan sistem operasi iOS semakin dekat, apalagi sejak diluncurkannya iPhone 5 pada triwulan III tahun ini. 
Platform Apple (iOS) telah mengalami kenaikan pangsa pasar 3,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Dengan menguasai 42,5 persen pasar ponsel cerdas, Apple nyaman berada di posisi kedua mengungguli Windows Phone atau Blackberry OS.

0 comments:

Post a Comment