Wednesday, December 4, 2013

Para Ilmuwan Temukan Gen Pierce Brosnan Pria Tampan Bermata Biru

InfoBeritaDunia-Setelah membahas tentang Bulu Mata Wanita pembahasan kali ini berkaitan dengan pria. Gen Pierce Brosnan yang menyebabkan orang memiliki bintik-bintik di wajah (freckles), rambut cokelat tua, dan sepasang mata biru telah ditemukan para ilmuwan. Sebuah penelitian yang melibatkan 2.230 orang di Islandia telah mengidentifikasi sebuah varian gen, yang berkaitan erat dengan sensitivitas pada matahari, rambut cokelat, mata biru, dan freckles.
Normalnya, jika semakin jauh seseorang dari garis ekuator, maka semakin berkurang pigmen yang mereka miliki di kulit, rambut, dan mata. Hal inilah yang membuat mereka lebih sensitif pada matahari. Sehingga menyebabkan lebih mudah menyerap sinar matahari untuk menghasilkan vitamin D3, suatu nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang.
Dr Dan Kastner, selaku Direktur Sain di Institut Nasional Human Genome Research Institute, di Bethesda dekat Washington telah melakukan serangkaian penelitian. Dirinya mengatakan, gen yang terlibat dalam pigmentasi kulit memiliki peran penting pada kesehatan dan penyakit manusia.
”Studi ini menjelaskan jalan molekuler kompleks yang kemungkinan juga berkontribusi pada pemahaman atas penyakit kulit. Sistem tersebut kemudian menyebabkan interaksi genetis dengan faktor lingkungan,” kata Dan Kastner.
Sementara penelitian lain dari peneliti senior di Genetic Disease Research Branch, Dr William Pavan punya penilaian yang berbeda tentang pigmentasi. Dia menyatakan bahwa studi asosiasi gen telah membuka banyak varian gen. Varian ini diasosiasikan dengan ciri-ciri manusia kebanyakan.
”Dari gen mereka kemudian ditemukan dalam wilayah gen yang tidak berkode protein. Dengan menjelajah jalan biologi dan mekanisme molekular, dan melibatkan varian dalam porsi gen yang belum terjelajahi, menjadi bagian sulit dalam pekerjaan kami,” katanya.
"Ini adalah satu dari sedikit kasus di mana para ilmuwan telah mampu mengasosiasikan sebuah varian wilayah gen yang tidak terkodekan dengan fungsi mekanisme," katanya

0 comments:

Post a Comment