Tuesday, December 31, 2013

Di Tahun 2014 Curanmor Masih Jadi Ancaman Kejahatan Serius

Pencurian Motor Masih Jadi Ancaman Kejahatan Serius
InfoBeritaDunia-Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Djihartono meminta kepada masyarakat di kota lunpian ini untuk waspada terhadap aksi kejahatan di 2014. Pasalnya, kejahatan-kejahatan konvensional seperti pencurian sepeda motor dan pencurian dengan kekerasan masih mendominasi.
”Kami harap masyarakat di kota ini selalu memberikan kunci pengaman tambahan di sepeda motornya. Itu karena di 2014 aksi curanmor masih mengintai warga,” katanya.
Sementara itu, Kasatreskrim Polrestabes Semarang AKBP Wika Hardianto menyatakan, setidaknya terjadi laporan kehilangan sepeda motor setiap hari dua kejadian. Peristiwanya hampir merata di di semua kecamatan di Kota Semarang. Hanya saja, yang paling sering terjadi di wilayah Tembalang, Pleburan, dan juga Sampangan.
”Selama 2013 ini saja ada 530 kasus yang terjadi. Itu kasus yang dilaporkan ke polisi, belum yang tidak dilaporkan, pasti lebih banyak lagi,” ujarnya.
Secara umum, lanjut kasatreskrim, selama 2013 terjadi 3.232 tindak pidana yang ditangani Polrestabes Semarang. Dari jumlah tindak pidana sebanyak itu, mayoritas dilakukan oleh remaja dengan usai antara 16 sampai 25 tahun.
”Kami akan terus berupaya melakukan pencegahan di 2014 nanti. Upayanya dengan giat melancarkan sosialisasi kepada masyarakat untuk melaporkan segala bentuk kejahatan di lingkungannya,” jelas Wika.
Salah satu yang akan ditingkatkan pencegahan kriminalitas di ibukota Jawa Tengah itu, di antaranya melakukan operasi rutin, baik di kawasan rawan kejahatan maupun di lokasi lainnya. Selain itu juga, adanya peningkatan sistem keamanan dan pemetaan kawasan rawan kejahatan.
”Di 2013 ini, kami masih punya kasus yang belum terungkap. Ada dua kasus menonjol, yakni peledakan pos polisi di Jalan Kaligawe dan penembakan yang menewaskan seorang warga di wilayah Semarang Utara,” tandasnya.

0 comments:

Post a Comment