Saturday, December 28, 2013

Mode Seragam Sekolah Gaya Korea (Gyobok) Menjadi Acuan Remaja Jaman Sekarang

Seragam Sekolah Gaya Korea Menjadi Acuan Remaja Jaman Sekarang
InfoBeritaDunia-Modifikasi seragam sekolah yang dilakukan pelajar, dilakukan karena mereka ingin tampil modis dan menarik ke sekolah. Gaya seragam yang mereka modifikasi, tak lepas dari pengaruh mode uniform dari Korea Selatan yang sering dimunculkan di berbagai media.
Model seragam sekolah Korea yang terlihat stylish dan berbeda, menjadi acuan pelajar dalam negeri. Gaya berpakaian yang ditampilkan para artis KPop yang kerap memakai uniform, telah menginspirasi model berpakaian pelajar.
Sebut saja girlband dari Korea SNSD, ataupun A Pink yang kerap tampil dengan seragam khas Korea. Ada juga boy band Beast, Exo K, ataupun B1A4. Bahkan mereka juga menjadi model sejumlah katalog khusus seragam sekolah di Korea.
Lantas seperti apa model seragam sekolah di Negeri Gingseng itu? Secara umum, seragam khas Korea Selatan biasanya terdiri dari jaket, kemeja putih berkerah lengan panjang, dasi, celana, dan pakaian luar untuk musim dingin. Untuk siswa perempuan terdiri dari kemeja putih berkerah dengan lengan, rompi, rok lipit, pakaian luar untuk musim dingin, dan kaus kaki putih.
Hampir semua siswa sekolah menengah pertama dan atas di sana mengenakan seragam yang disebut Gyobok.
Seragam sekolah untuk siswa perempuan di Korea Selatan, pertama kali dibuat tahun 1886 di sebuah sekolah bergaya barat yang didirikan Mary F Scranton, yaitu Ewha Girl’s School. Sekarang sekolah itu dikenal sebagai Ewha Woman’s University. Seragam itu terdiri dari atasan dengan model jeogori (baju tradisional Korea) merah yang cukup panjang dan rok yang terbuat dari katun. Lalu pada tahun 1920 berubah menjadi atasan putih dan rok hitam.
Sedangkan  untuk siswa laki-laki pertama kali dibuat pada tahun 1898 di sebuah sekolah khusus anak laki-laki, yaitu Paichai Hakdang School yang didirikan Henry Appenzeller. Seragam ini sangat mirip seragam sekolah Jepang, yang terdiri dari pita merah yang melilit di lengan, celana, dan topi.
Kebijakan penggunaan seragam terus berubah mulai 1930- 1986. Pada 1986 tak ada kebijakan khusus mengenai seragam sekolah. Tetapi masing-masing sekolah dapat merancang sendiri seragam untuk digunakan siswa-siswi mereka.
Berbeda dengan seragam sekolah Korea jaman dulu, seragam sekolah sekarang lebih menggambarkan kepribadian siswa yang dinamis

1 comments:

  1. Thanks for sharing.. Butuh bahan kain seragam berkualitas dengan harga murah.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete