Wednesday, December 4, 2013

Bulu Mata Palsu Indonesia Mempunya Peluang Usaha Besar di Ukraina

InfoBeritaDunia-Tak salah jika Syahrini sangat membanggakan bulu mata ”antibadainya”. Ternyata, bulu mata buatan Indonesia merambah pasar luar negeri. Salah satunya yakni Ukraina, bekas pecahan Uni Soviet. Negara itu memerlukan riasan wajah buatan Indonesia untuk menambah cantik dan kepercayaan diri perempuan-perempuan di sana.
”Perempuan-perempuan Ukraina sebagian besar merupakan tipe perempuan pesolek. Mereka gemar berdandan. Jadi, kemungkinan besar ada pangsa pasar untuk produk tersebut di Ukraina,” kata diplomat Kedutaan Besar Indonesia di Kiev, Ukraina, Erly Wijayani.
Erly menambahkan, perempuan-perempuan di Ukraina terlahir cantik. Masih ingat Olga Kurylenko yang menjadi gadis James Bond dalam film Quantum of Solace? Itu satu misal dari sekian banyak contoh.
Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Republik Czech, Emeria Siregar menambahkan, selain bulu mata palsu, produk buatan Indonesia lainnya yang juga diminati yakitu rambut palsu. Di Eropa Tengah dan Timur, rambut palsu produk Indonesia sangat diminati.
”Mereka tertarik rambut palsu dari Indonesia karena betul-betul dari rambut dan halus. Sehingga, produk Indonesia layak bersaing di pasar luar,” katanya.
Dirjen Peningkatan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Gusmardi Bustami menyebut, ekspor komoditas rambut dan bulu mata palsu mencapai USD 100 juta atau sekitar Rp 950 miliar sepanjang 2012. Angka tersebut berasal dari pasar internasional di sekitar 40 negara yang selama ini membeli bulu mata buatan dalam negeri. 
Selama ini, lanjut Gusmardi, bulu mata palsu buatan Indonesia paling diminati di pasar Amerika Serikat dan Eropa Barat. Sedangkan untu pasar Eropa Timur dan Eropa Tengah masih dalam penjajakan serius, untuk dibuka lebih jauh karena potensi pendapatan yang lumayan menjanjikan.

0 comments:

Post a Comment