Tuesday, December 3, 2013

Kadar Estrogen yang Menurun Pada Waktu Menstruasi Dapat Menyebabkan Masalah Kulit

InfoBeritaDunia-Masih seputarmasalah kesehatan wanita, setelah sebelumnya membahas tentang haid yang menyebabkan fertilisasi, Kali ini yang dibahas adalah haid dapat menyebabkan masalah kulit. 
Salah satu hal yang menjengkelkan pada saat menstruasi adalah timbulnya aneka masalah kulit seperti timbulnya jerawat dan iritasi yang disebabkan oleh menurunkan kadar estrogen, kata dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah - Puri Indah dr Susie Rendra SpKK.
Pada saat mensturasi kadar estrogen dalam tubuh menurun, ini sama halnya dengan penyebab menopause," ujar Susie saat ditemui Antara di empat kerjanya.
Pada beberapa perempuan, kadar estrogen yang menurun itu, menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan tipis, sehingga timbul rasa gatal yang disertai dengan iritasi.  Apalagi di daerah seputar vagina, pada saat menstruasi kulit di bagian itu menjadi kering. Terkena gesekan pembalut, kelembaban juga meningkat di area itu, sehingga lebih rentan menimbulkan iritasi.
Sementara itu, pada sebagian perempuan, turunnya kadar estrogen justru memicu terjadinya jerawat. Fluktuasi estrogen pada pre-menstruasi dan masa menstruasi, menyebabkan kondisi kulit ikut terganggu, salah satunya adalah timbulnya jerawat," kata dia.
Selain itu, kadar estrogen yang menurun juga dapat menyebabkan sakit kepala pada saat menstruasi, tegas susie.

0 comments:

Post a Comment