Tuesday, December 31, 2013

Pancasila Seharsnya Bisa Menjadi Dasar Tindakan Rakyat

Pancasila Seharsnya Bisa Menjadi Dasar Tindakan Rakyat
InfoBeritaDunia-Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif menilai, filosofi Pancasila harus selalu mendasari tindakan rakyat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
”Hal itu penting, karena Pancasila memuat nilai-nilai luhur untuk mencapai masyarakat adil, beradab, harmonis, berdaulat, dan bermartabat,” katanya.
Dengan filosofi Pancasila, rakyat Indonesia mempunyai landasan berbangsa dan bernegara yang modern, lentur, dan memiliki daya ikat yang kuat bagi harmonisasi kolektif. Namun, masyarakat dinilai belum bersungguh-sungguh menjadikan Pancasila sebagai landasan dalam berbangsa dan bernegara.
Kondisi tersebut menyebabkan kegaduhan politik, hukum, dan moral. Kegaduhan politik, hukum, dan moral yang sedang melilit bangsa ini, kata dia, telah merusak harmonisasi kolektif. Jalan terbaik yang perlu ditempuh adalah memperbaiki kualitas demokrasi untuk mewujudkan kesejahteraan umum.
”Dengan dasar filosofi Pancasila, kita perlu meluruskan niat kembali untuk kebesaran Indonesia yang adil, beradab, dan harmonis untuk bangkit secara berdaulat dan bermartabat,” ujarnya.

0 comments:

Post a Comment