Tuesday, December 3, 2013

Hatta Rajasa Mengatakan : Pesantren Merupakan Sekolah Peradaban

InfoBeritaDunia-Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa berkata bahwa Pondok Pesantren merupakan sekolah peradaban. Pesantren memungkinkan siswanya untuk berpikir sekaligus berdzikir, sehingga bisa berkontribusi terhadap perekonomian nasional.
Kalau ada yang mengatakan Pondok Pesantren akan susut seiring perkembangan jaman, itu tidak betul. Karena pesantren itu sekolah peradaban yang merupakan sistem dari pranata sosial, spiritual sekaligus intelektual," kata Hatta Rajasa, seperti dikutip Antara.
Hatta mengatakan dirinya mendukung pendirian pondok pesantren di Indonesia, agar bisa berkontribusi bagi pendidikan dan perekonomian bangsa. Menurutnya, keberadaan pondok pesantren diperlukan seiring fenomena-fenomena yang terjadi di tataran global saat ini.
Saat ini ada beberapa fenomena yang terjadi antara lain, pergerakan yang menjadikan Asia Timur termasuk Indonesia menjadi pusat perhatian ekonomi dunia. Adanya pemberhentian pertumbuhan penduduk usia produktif di negara maju, perlunya solusi dari pesantren untuk menciptakan individu pemikir sekaligus berdzikir, serta akan terintegrasinya ekonomi Asean dalam MEA," ujar dia.
Fenomena-fenomena tersebut menurutnya, perlu dijawab dengan menciptakan penduduk usia produktif yang mampu berkontribusi bagi perekonomian bangsa. Keberadaan pesantren menurutnya, dapat berkontribusi atas hal tersebut.

0 comments:

Post a Comment