Tuesday, December 3, 2013

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mengatakan : Lulusan Pesantren Perlu Dibekali Keterampilan Teknis

InfoBeritaDunia-Masih menyangkut tentang pesantren seperti posting sebelumnya, kali ini berita dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, dia meminta agar para lulusan pondok pesantren dibekali keterampilan teknis, sehingga mereka bisa menjadi agen perubahan di masyarakat.
"Untuk itu, tradisi mandiri yang sudah ada di pondok pesantren perlu dikombinasikan dengan keterampilan teknis, agar lulusannya nanti mampu hidup mandiri dengan bekal keterampilan teknis yang dimilikinya," ujarnya, ketika berkunjung ke Pondok Pesantren Roudlotul Mudtadiin di Desa Balekambang, Kecamatan Nalumsari.
Dia mengakui memiliki keinginan menggabungkan dan mengintegrasikan ilmu-ilmu yang berbasis keagamaan dengan ilmu pengetahuan umum. Hal tersebut, katanya, sekaligus untuk menepis kesan pondok pesantren sangat tertutup, karena kenyataannya cukup terbuka dengan ide-ide baru.
Bahkan, menurutnya pengelolaan SMK dengan model pondok pesantren juga memiliki lulusan terbaik. ”Jika lulusan pondok pesantren memiliki keterampilan teknis dan jiwa mandiri, diharapkan bisa menjadi agen perubahan di masyarakat dengan baik," ujarnya.
Sebaliknya, kata Nuh, jika siswa pondok pesantren tidak dilengkapi dengan keterampilan teknis, dikhawatirkan akan menjadi beban masyarakat. ”Karena nantinya diharapkan menjadi agen perubahan, maka mereka sendiri juga harus terbebas dari beban mereka sendiri," ujarnya.

0 comments:

Post a Comment