Saturday, December 14, 2013

Kemendag Mendorong UKM Untuk Bisa Kembangkan Merek

InfoBeritaDunia-Kementerian Perdagangan RI bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah menyelenggarakan workshop tentang pengenalan program pengembangan merek dan seleksi sejumlah calon usaha kecil menengah (UKM) potensial.
Workshop  bertema “Adaptasi Produk Dalam Rangka Pengembangan Merek” tersebut, bertujuan untuk menyosialisasikan program pengembangan merek UKM sekaligus memberikan pengetahuan kepada UKM akan pentingnya merek.
Siaran pers Kementerian Perdagangan menyebutkan, usaha peningkatan ekspor salah satunya adalah,  mengoptimalkan penggunaan merek yang diharapkan akan meningkatkan minat beli dan harga jual.
”Produk dengan merek yang direncanakan dengan baik, didesain secara menarik dan dikomunikasikan secara tepat akan lebih mudah masuk di pasar mancanegara dan bersaing dengan produk-produk negara lain,” kata Direktur Pengembangan Produk Ekspor dan Ekonomi Kreatif Kemendag, ungkap Dody Edward.
Menurut dia, saat ini masih banyak pelaku usaha, khususnya UKM yang belum menyadari peran merek dalam peningkatan daya saing ekspor.  Berdasarkan kebutuhan tersebut, Direktorat Pengembangan Ekspor dan Ekonomi Kreatif memberi perhatian pada pengembangan merek UKM produk Indonesia, terutama yang berorientasi ekspor.
Pada tahun 2012, program fasilitasi pengembangan merek terdiri dari  empat tahapan yakni,  pengenalan program pengembangan merek dan seleksi calon UKM-UKM potensial, dialog lanjutan dengan UKM terpilih,  penyusunan brand strategy dan brand identity untuk UKM terpilih, serta penyerahan hasil kepada UKM terpilih.

0 comments:

Post a Comment