Sunday, December 29, 2013

Indonesia Perlu Mencontoh Industri Perikanan Norwegia

Indonesia Perlu Mencontoh Industri Perikanan Norwegia
InfoBeritaDunia-Industri perikanan Norwegia patut menjadi contoh industri sejenis yang ada di Indonesia,  agar bisa lebih berkembang dan maju. Penanganan industri perikanan di Norwegia secara serius dari hulu hingga hilir, sehingga benar-benar maju.
”Penanganan cara pembenihan ikan yang baik untuk keberlangsungan dan cara budidaya ikan yang baik,” kata Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Barat Hery Gunawadi, usai mengunjungi pabrik produksi dan pengolahan ikan Salmon, di Bodo, Norwegia, Kamis.
Menurut dia, cara pembenihan ikan yang baik (CPIB) dan cara budidaya ikan yang baik (CBIB) telah diterapkan secara sungguh-sungguh. Manajemen pembenihan ikan, manajemen pengelolaan air dan manajemen pakannya ditangani dengan baik.
Industri perikanan bisa seperti di Norwegia tentunya akan lebih maju lagi. Industri perikanan di Indonesia diharapkan bisa mengikuti seperti di Norwegia," ujarnya.
Ia mengatakan pihak pemerintah hanya memberi dukungan dengan mengeluarkan kebijakan yang bisa memajukan industri perikanan. Selain itu, penanganan pemasaran juga dikelola dengan baik, jadi seluruh kegiatan perikanan ditangani dengan cara serius.
Norwegia merupakan, negara eksportir sumber daya pangan laut terbesar kedua di dunia. Dinas Perikanan Jawa Barat melakukan studi banding ke Norwegia mengunjungi industri Vaksin, Pharmaq di Oslo. 
Selain itu juga industri pembenihan di Bodo, produksi pengolahan ikan Salmon di Stokmarknes kota yang terletak di ujung utara negara Norwegia tersebut.

0 comments:

Post a Comment