Thursday, December 5, 2013

Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

InfoBeritaDunia-Masih membahs tentang film. Kaliini membahas tentang film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Pada Tahun 2013, agaknya menjadi tahun bagi sineas tanah air membuat film berlatar belakang sejarah Indonesia. Kalin ini yang diangkat yakni tentang tenggelamnya kapal Van Der Wijck di tahun 1930.
Film yang dibintangi Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahadian ini akan rilis dan tayang di bioskop pada 19 Desember 2013. Diangkat dari novel karangan Buya Hamka dengan judul yang sama ini, berkisah tentang dua insan yang sedang dimabuk cinta tapi terpisah oleh tradisi adat.
Di tahun1930, di tanah Makasar, Zainuddin berlayar menuju tanah kelahiran ayahnya di Batipuh, Padang Panjang. Di sana ia bertemu Hayati. Kedua muda-mudi itu jatuh cinta. Tapi, adat menghalangi. Zainuddin seorang melarat tak berbangsa, sementara Hayati perempuan Minang keturunan bangsawan. Lamaran Zainuddin ditolak keluarga Hayati.
Akibat pinangannya ditolak keluarga Hayati, Zainuddin lantas memutuskan merantau ke tanah Jawa. Zainudin bekerja keras dan menjadi penulis terkenal. Dalam sebuah pertunjukkan opera, Zainuddin kembali bertemu Hayati bersama Aziz, suaminya. Kisah cinta Zainuddin dan Hayati menemui ujian terberatnya dalam sebuah tragedi pelayaran kapal Van Der Wijck.
Zainuddin meminta Hayati menumpang kapal Van Der Wijck untuk menuju ke Batipuh. Di tengah-tengah perjalanan, kapal yang dinaiki Hayati tenggelam di perairan laut utara Jawa. Demi mendengar kabar itu, Zainuddin langsung menuju sebuah rumah sakit di Tuban.
Namun, Zainuddin terlambat datang. Hayati telah meninggal dunia. Diakibatkan oleh penyesalannya, Zainuddin menjadi sakit-sakitan sampai akhirnya meninggal dunia. Jasadnya dimakamkan di dekat pusara Hayati.

0 comments:

Post a Comment