InfoBeritaDunia-Kementerian
Perdagangan RI bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah menyelenggarakan
workshop tentang pengenalan program
pengembangan merek dan seleksi sejumlah calon usaha kecil menengah (UKM) potensial.
Workshop bertema “Adaptasi Produk Dalam Rangka
Pengembangan Merek” tersebut, bertujuan untuk menyosialisasikan program
pengembangan merek UKM sekaligus memberikan pengetahuan kepada UKM akan
pentingnya merek.
Siaran
pers Kementerian Perdagangan menyebutkan, usaha peningkatan ekspor salah
satunya adalah, mengoptimalkan
penggunaan merek yang diharapkan akan meningkatkan minat beli dan harga jual.
”Produk
dengan merek yang direncanakan dengan baik, didesain secara menarik dan
dikomunikasikan secara tepat akan lebih mudah masuk di pasar mancanegara dan
bersaing dengan produk-produk negara lain,” kata Direktur Pengembangan Produk
Ekspor dan Ekonomi Kreatif Kemendag, ungkap Dody Edward.
Menurut dia, saat ini masih banyak pelaku usaha, khususnya
UKM yang belum menyadari peran merek dalam peningkatan daya saing ekspor. Berdasarkan
kebutuhan tersebut, Direktorat Pengembangan Ekspor dan Ekonomi Kreatif memberi
perhatian pada pengembangan merek UKM produk Indonesia, terutama yang
berorientasi ekspor.
Pada
tahun 2012, program fasilitasi pengembangan merek terdiri dari empat tahapan yakni, pengenalan program pengembangan merek dan
seleksi calon UKM-UKM potensial, dialog lanjutan dengan UKM terpilih, penyusunan brand strategy dan brand
identity untuk UKM terpilih, serta penyerahan hasil kepada UKM terpilih.
0 comments:
Post a Comment