Saturday, January 18, 2014

Unnes dan Dinkes Kota Semarang Memberi SPP-IRT Kepada Warga Gunungpati

Unnes dan Dinkes Kota Semarang Memberi SPP-IRT
InfoBeritaDunia-Menjamin produk makanan telah layak dipasarkan ke masyarakat luas,‭ ‬LP2M Unnes bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang mengadakan pelatihan bagi warga.‭ ‬Pelatihan itu diselenggarakan agar warga‭ ‬mendapatkan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga‭ (‬SPP-IRT‭)‬.

Kegiatan yang dikemas dalam program Gerdu Kempling ini merupakan program kerja dari Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat‭ (‬KKN-PPM‭)‬.‭ ‬Program tersebut‭ ‬sejalan dengan program pemerintah Kota Semarang,‭ ‬yakni mengentaskan kemiskinan di empat kelurahan di Kecamatan Gunungpati,‭ ‬yakni‭ ‬Patemon,‭ ‬Sukorejo,‭ ‬Kalisegoro,‭ ‬dan Cepoko.

Ditulis dalam situs resmi Unnes,‭ ‬Gerdu Kempling yang mendapat dukungan dari CSR Bank BNI ini menitikberatkan pada pembentukan dan peningkatan usaha ekonomi produktif berbasis potensi lokal.‭ ‬Program tersebut‭ ‬memanfaatkan potensi‭ ‬dan‭ ‬sumber‭ ‬daya yang dimiliki masyarakat setempat.‭ ‬ Diharapkan‭ ‬pendapatan masyarakat meningkat melalui usaha ekonomi yang produktif dan pada gilirannya dapat mengurangi kemiskinan masyarakat.

Program Gerdu Kempling menghasilkan produk unggulan,‭ ‬antara lain produk berbasis SINGLE‭ (‬singkong dan lele‭)‬.‭ ‬Produk tersebut dihasilkan di Kelurahan Patemon dan Kalisegoro,‭ ‬makanan berbahan baku susu di Cepoko,‭ ‬serta makanan berbahan baku pisang di kelelurahan Sukorejo.

‏”‎Yang menjadi titik berat dari pelatihan ini adalah,‭ ‬kita tidak hanya tahu tentang cara produksi pangan yang baik‭ ‬,‭ ‬tetapi harus sadar melaksankan sesuai aturan‭” ‬ujar Dosen Pembimbing Sunyoto.

Perwakilan mahasiswa KKN-PPM Vicihayu memaparkan,‭ ‬keberhasilan program ini‭ ‬yakni terbentuknya‭ ‬Kelompok Usaha Bersama‭ (‬KUB‭)‬.‭ ‬Selain itu melatih masyarakat untuk membuat aneka produk yang mempunyai nilai jual tinggi.‭ ”‬Dengan SPP-IRT diharapkan masyarakat lebih terpacu untuk terus meningkatkan produktivitas dan kualitasnya,‭” ‬tambahnya.

0 comments:

Post a Comment