Friday, January 10, 2014

Akibat Sampah dan Pendangkalan Sungai, Banjir Mulai Masuk Kawasan Kota

Akibat Sampah dan Pendangkalan Sungai
InfoBeritaDunia-Curah hujan tinggi yang terjadi belakangan ini, menimbulkan kerawanan banjir di sebagian daerah tanah air, termasuk beberapa wilayah di Pati, tidak terkecuali kawasan perkotaan. Kondisi sungai yang dangkal dan semakin menyempit, serta penuh sampah disebut-sebut sebagai penyebab kerawanan tersebut.
Patikab.go.id melaporkan, sejumlah sungai yang mengalir di wilayah perkotaan, menjadi perhatian serius dari Pemkab Pati. Lantaran hampir setiap hujan deras tiba, banyak sungai meluap, sehingga menjadikan daerah sekitarnya tergenang.
Sungai di Desa Plangitan, Kecamatan Pati Kota merupakan satu dari sekian aliran sungai, yang membelah kawasan perkotaan. Kondisi sungai tersebut memprihatinkan, lantaran alurnya semakin sempit.  Sampah berbagai jenis, juga banyak ditemukan. Bahkan, sebagian bangunan berdiri di atas sungai, sehingga menjadikan aliran semakin terganggu.
”Kami akan segera mengambil langkah cepat, untuk menangani sungai di perkotaan,’’ ujar Bupati Pati, Haryanto.
Menurutnya, penanganan yang akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (DPU), berorientasi pada pengembalian fungsi sungai. Harapannya, aliran air tidak meluber ke perkampungan di sekitar sungai, dan menyebabkan banjir.
Beberapa waktu lalu, sejumlah daerah di Desa Plangitan dan Puri, terendam banjir akibat sungai tersebut meluap. Belakangan banjir di perkotaan semakin kerap terjadi, lantaran kondisi saluran air yang memprihatinkan.

Sejalan dengan penanganan yang akan dilakukannya, bupati mengimbau kepada masyarakat, untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Perilaku masyarakat perlu diubah, dengan tidak merusak atau mengotori sungai. 

0 comments:

Post a Comment