Wednesday, February 12, 2014

Minum Kopi Setiap Hari Bisa Mengurangi Resiko Diabetes

Minum Kopi Setiap Hari Bisa Mengurangi Resiko Diabetes
InfoBeritaDunia - Ilmuwan dan ahli nutrisi telah lama mencari tahu mengenai adakah manfaat dari kopi, selain menghangatkan tubuh?. Studi-studi terbaru menemukan kopi sebenarnya sangat bermanfaat. Berikut lima alasan positif minum segelas kopi setiap hari.

Kopi terbukti mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Studi yang dilakukan pada 2011 di sekolah kesehatan masyarakat Universitas Kalifornia melibatkan lebih dari 700 perempuan, menemukan wanita dalam masa menopause minum tidak kurang dari empat cangkir kopi sehari, memiliki dua kali lebih rendah risiko terkena diabetes stadium 2, dibanding yang tidak minum kopi. Hal itu terjadi karena kafein dalam kopi mempercepat metabolisme dan meningkatkan kepekaan terhadap glukosa dan insulin.

Sudah sering dikatakan jika kopi menyebabkan kanker. Namun, para peneliti tidak memperhitungkan peminum kopi, biasanya mengonsumsi alkohol dan merokok. Ketika faktor-faktor itu diteliti secara terpisah, ditemukan kopi membantu mencegah kanker, dengan menstimulasi mekanisme perbaikan (merestorasi) DNA.

Penelitian pada 2011 di Universitas Harvard menyimpulkan, wanita yang minum beberapa gelas kopi sehari (dengan atau tanpa kafein), memiliki risiko lebih rendah terkena endometrium kanker. Orang yang mengonsumsi enam cangkir kopi sehari, memiliki risiko 60 persen lebih rendah terkena kanker prostat dibanding bukan peminum.

Hampir 10 tahun lalu, seorang ilmuwan Jerman menemukan dalam kopi terdapat antioksidan methylpyrimidine unik, dengan efek anti-karsinogen dan kemampuan untuk mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker kolon, rektum, mulut, perut, dan kerongkongan. Methypyrimidine lebih banyak terdapat pada kopi sangrai hitam yang digunakan untuk espresso.

0 comments:

Post a Comment